GfC8TSAlTSGoTUAoTfz7GpA9TA==

Alun-Alun Merdeka Bakal Dipoles! Pemkot Malang Matangkan Rencana Revitalisasi

Malang, malangterkini.id - Alun-Alun Merdeka, ikon Kota Malang yang telah berdiri sejak 1882 ini, bakal segera dipercantik! Pemerintah Kota Malang (Pemkot Malang) terus mematangkan rencana revitalisasi alun-alun bersejarah ini.

"Kalau tidak ada aral melintang, pemolesan Alun-Alun Merdeka akan dimulai bulan ini," ujar Wahyu Hidayat, Penjabat Wali Kota Malang. Saat ini, perencanaan revitalisasi tinggal finalisasi.

"Targetnya, peletakan batu pertama bisa dilakukan bulan ini juga. Bank Jatim sebagai pihak yang menyediakan dana CSR (Corporate Social Responsibility) sudah siap," imbuhnya.

Revitalisasi Alun-Alun Merdeka ini akan menelan anggaran sebesar Rp 6 miliar dari Bank Jatim. Dana tersebut akan digunakan untuk mempercantik alun-alun dengan berbagai elemen, seperti:

  • Penambahan ornamen lampu: Lampu-lampu baru dengan desain seperti di Kajoetangan Heritage dan Alun-Alun Tugu akan menghiasi alun-alun. Tiangnya berwarna hijau dan lampunya berwarna kuning keemasan.
  • Penambahan kursi: Kursi-kursi baru akan ditambahkan untuk menyediakan tempat duduk yang nyaman bagi pengunjung.
  • Perbaikan air mancur: Air mancur yang ada di alun-alun akan diperbaiki agar kembali berfungsi dengan baik.
  • Penambahan bunga: Bunga-bunga yang indah akan ditanam untuk menambah estetika alun-alun.
  • Perluasan arena playground: Arena bermain anak-anak akan diperluas untuk memberikan ruang bermain yang lebih leluasa.

Sebelum finalisasi, Pemkot Malang terus menjaring masukan dari berbagai komunitas masyarakat. Hal ini dilakukan karena banyak komunitas yang menginginkan agar revitalisasi alun-alun ini menyesuaikan dengan kondisi sekitarnya, termasuk dengan keberadaan Masjid Agung Jami' Kota Malang.

Selain penyesuaian desain, Pemkot Malang juga akan melakukan penataan parkir dan lalu lintas selama proses revitalisasi berlangsung.

"Selama ini kami sudah berupaya menindak tegas pedagang kaki lima (PKL) di sekitar alun-alun. Bahkan, Satpol PP juga rutin berpatroli. Tapi, masih ada saja PKL yang sampai masuk ke alun-alun," jelas Wahyu.

Sementara itu, Herijadi, PIC (Person in Charge) Revitalisasi Alun-Alun Merdeka dari Bank Jatim, mengatakan bahwa pihaknya sedang menyesuaikan desain dengan kebutuhan Pemkot Malang dan aspirasi masyarakat.

"Saat ini, kami sudah melakukan tahap awal berupa penyusunan desain. Selanjutnya, tinggal melaksanakan pengerjaan fisik," terangnya.

Revitalisasi Alun-Alun Merdeka ini diharapkan dapat menjadikan alun-alun ini sebagai ruang publik yang lebih nyaman, indah, dan representatif bagi masyarakat Kota Malang.

Mari kita nantikan wajah baru Alun-Alun Merdeka yang semakin memukau!

Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.


Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network