GfC8TSAlTSGoTUAoTfz7GpA9TA==

Ibu Kota Pindah Ke Kalimantan, Gedung Pemerintah di Jakarta Diincar Untuk Bangun Mall dan Resto

Jakarta, malangterkini.id -Pengusaha ritel melihat peluang gedung pemerintahan di Jakarta setelah pemindahan pusat pemerintahan ke ibu kota negara (IKN). Gedung ini bisa dipakai untuk berbagai industri yang mendukung Jakarta sebagai kota komersial dan bisnis. Jakarta, yang telah kehilangan statusnya sebagai ibu kota, perlu fokus untuk menjadi kota internasional untuk berbelanja, bersantap, dan pameran, menurut Ketua Umum Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah,

“Makanya yang kita perlukan bukan hanya tempat pameran, tapi juga tempat usaha yang disebutkan tadi, restoran, kafe, pusat perbelanjaan dan museum, dan masih banyak lagi tempat lainnya,” kata Budi, Jumat (17 Mei 2024 ).

Beliau mengatakan, gedung kementerian dan lembaga mempunyai lokasi yang strategis. Sebagai fasilitas umum, seluruh bangunan di dekat stasiun, kereta api, dan bandara  mempunyai volume lalu lintas yang tinggi sehingga berpotensi menjadi incaran para pengusaha.

"Pada prinsipnya jalan-jalan strategis nasional seperti Sudirman, Mohammad Thamrin dan Gatot Subroto sudah pasti merupakan bangunan yang  bisa dijadikan hotel. Tidak hanya menjadi hotel, tapi juga menjadi super blok. Misalnya ada pusat belanja, ada hotel, ada kantor di sepanjang Jalan Utama," katanya.

Disamping itu,  lokasi lain, seperti jalan secondary, mungkin tersedia di kawasan padat penduduk dan bisa dipertimbangkan kembali berdasarkan lokasi dan demografi.

Budi berpendapat hampir semua gedung pemerintahan mempunyai potensi karena lokasinya. Oleh karena itu, dia mengusulkan untuk mulai merencanakan penggunaan aset milik negara tersebut  ke depan.

"Misalnya gedung di atas adalah perkantoran, tetapi tiga lantai terbawah merupakan pusat perbelanjaan yang unik atau terfokus, seperti semua restoran Jepang, semua restoran Indonesia, atau museum dan pameran Gedung DPR dengan ruangannya yang luas menawarkan berbagai peluang. Gedung tersebut tidak hanya bisa digunakan sebagai hotel tapi juga sebagai pusat perbelanjaan," kata Budi menyusun program atau strategi lain untuk mewujudkan Visi Kota Jakarta.

Beliau juga menjelaskan, Hippindo sudah mengajukan konsep tersebut kepada pemerintah.

"Pemerintah harus memastikan kota menyambut tamu asing dan daerah untuk pameran, belanja, makan, kegiatan konferensi, konferensi, dan pameran,'' tutupnya.

 

 


Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.


Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network