GfC8TSAlTSGoTUAoTfz7GpA9TA==

Sosialisasi Edukasi Keselamatan Pelaksanaan Study Tour, Dilakukan Oleh Pemkot Malang

Malang, malangterkini.id - Pemerintah Kota Malang telah menerapkan langkah-langkah keselamatan selama karya wisata dan study tour untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan, terutama terkait keselamatan  siswa.

Suwarjana, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, pada hari Jumat, menjelaskan  beliau akan menyampaikan sejumlah rekomendasi serta berbagai bekal sebelum melakukan studi tour.

“Kami akan memberikan rekomendasi  berbagai ketentuan seperti pengujian kendaraan serta persiapan panitia,” kata Suwarjana pada acara sosialisasi keselamatan untuk melakukan studi tour.

Sosialisasi Keselamatan study tour dilakukan bersama pengawas serta kepala sekolah baik negeri maupun swasta mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga sekolah menengah pertama (SMP)  di wilayah kota Malang.

Pak Suwarjana menjelaskan bahwa studi tour dan karya wisata adalah bagian dari kurikulum mandiri serta sudah pernah dilaksanakan sebelumnya. Lewat program ini, siswa bisa mengenal lingkungan serta memperdalam pembelajarannya.

Baginya, study tour adalah  proses pembelajaran yang inovatif, realistis, serta modern. Lanjutnya, kesepakatan dengan orang tua siswa sangat diperlukan dalam melakukan karya wisata.

“Mengenai pelaksanaan kegiatan perlu adanya kesepakatan dengan  wali yang sah. Jika diperlukan outing class berarti semua orang harus ikut serta, dan jangan sampai ada masalah biaya terus siswa ditinggal, hal tersebut jelas tidak boleh," serunya.

Ditambahkannya, pelaksanaan study tour akan disesuaikan dengan daya tampung masing-masing sekolah, baik di wilayah Kota Malang maupun kota lainnya. Sekolah meminta siswanya berhati-hati dalam menggunakan transportasi umum, termasuk kelayakannya.

“Saya menghimbau kepada Pemerintah Kota Malang, kami tidak melarang baik di dalam kota maupun di luar kota, namun hati-hati dalam menggunakan angkutan umum dan ikuti peraturan sesuai aturan, kualifikasi, pengemudi dll” imbuhnya.

Berbicara dalam  kesempatan tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang Widjaja Saleh Putra menambahkan, sebelum melakukan study tour, sekolah diimbau merencanakan kegiatannya dengan matang.

Dinas Perhubungan Kota Malang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang  memberikan rekomendasi dan serangkaian usulan mengenai penggunaan angkutan umum seperti bus pariwisata untuk studi tour serta kegiatan sejenis lainnya.

“Kami berharap kepala sekolah atau penanggung jawab penyelenggaraan kegiatan memastikan  angkutan bus yang digunakan sesuai. Hal ini didasarkan pada kelayakan praktis,” kata Widjaja.

 


Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.


Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network