GfC8TSAlTSGoTUAoTfz7GpA9TA==

Waspada, Berikut Beberapa Gejala Awal Lupus pada Anak

Jakarta, malangterkini.id - Selain pada orang dewasa, anak-anak juga bisa terkena penyakit lupus. Simak beberapa tanda dan gejala lupus pada anak yang patut diwaspadai orang tua.

Dokter spesialis anak-konsultan DR. Reni Ghrahani Dewi Majangsari akui sulitnya mendeteksi penyakit lupus pada anak. Orang tua perlu memberikan edukasi mengenai lupus pada anaknya agar dapat mengobati dan mengendalikan penyakit tersebut.

Berikut beberapa gejala awal lupus pada masa kanak-kanak yang patut Anda ketahui, seperti dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (11/05/24).

1. Demam Berulang

Gejala awal yang paling mudah dikenali yaitu demam berulang. Demamnya bervariasi, mulai dari demam rendah hingga demam tinggi.

“Anak-anak yang diduga mengidap berbagai jenis penyakit seringkali disarankan dirawat di rumah sakit, namun respon pengobatannya kurang baik,” kata DR. Reni.

2. Kelelahan

Orang tua harus memperhatikan kondisi fisik anaknya. Tanda-tanda awal penyakit lupus biasanya ditandai dengan rasa lelah tanpa sebab yang jelas. Dia mengatakan, anak-anak bisa terlihat lelah meski tidak melakukan aktivitas yang berat.

"Ciri-cirinya adalah dia tidak mau bermain karena dia lelah. Ketika Anda remaja, mudah untuk mengeluh karena lelah dan lemah. Tetapi anak kecil mungkin tidak bisa mengeluh, namun mereka tidak mau bermain,” ujarnya.

3. Nyeri Otot atau Sendi

Tanda lain penyakit lupus pada masa kanak-kanak adalah nyeri berulang pada otot atau persendian. Nyeri muskuloskeletal. Rasa sakitnya semakin parah di pagi hari.

"Anak-anak sering kali dianggap tidak bisa melakukan aktivitas secara langsung. Orang-orang di sekitarnya menganggapnya malas," imbuhnya.

4. Penurunan Berat Badan

Anak mengalami penurunan berat badan secara signifikan tanpa sebab yang jelas. Faktanya, anak tersebut tidak  sakit dan nafsu makannya tidak berkurang.

5. Rambut Rontok

Rambut rontok dapat terlokalisir atau terjadi pada area tertentu. Rambut rontok terjadi secara tersebar dan mungkin tampak seperti rambut yang menipis.

 


Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.


Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network