GfC8TSAlTSGoTUAoTfz7GpA9TA==

Inovasi Garam Tunnel Kugar Bajulmati: Panen Garam Berkualitas Tinggi Tahan Cuaca!

Malang, malangterkini.id - Di tengah teriknya matahari dan hamparan laut biru, Kelompok Usaha Garam (Kugar) Bajulmati di Malang Selatan menghadirkan inovasi cemerlang: garam tunnel. Tak seperti tambak garam pada umumnya yang mengandalkan panas dan cahaya matahari, garam tunnel Kugar Bajulmati mampu memproduksi garam berkualitas tinggi kapanpun cuaca, bagaikan panen garam tanpa henti!

Sejak tahun 2021, Kugar Bajulmati telah memantapkan diri sebagai pelopor garam tunnel di Malang Selatan. Bayangkan, 12 tunnel raksasa bagaikan rumah kaca membentang di atas lahan seluas 5.000 meter persegi. Di dalam tunnel inilah, air laut diolah menjadi garam dengan kualitas premium yang tak terpengaruh oleh cuaca.

"Rahasia" di balik kehebatan garam tunnel terletak pada kontrol suhu yang presisi. Saat cuaca mendung atau suhu udara sekitar 27 derajat Celsius, di dalam tunnel tetap panas hingga 47 derajat Celsius. Ditambah dengan kedap airnya tunnel, produksi garam pun tak terhambat oleh hujan deras.

Hasilnya? Kugar Bajulmati mampu memanen 1,5 ton garam per bulan, siap didistribusikan kepada konsumen di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, dan bahkan ke luar Kabupaten Malang. Tak heran, permintaan garam Kugar Bajulmati terus meningkat, bahkan hingga ke desa-desa lain.

"Ke depan, kami akan memperluas jangkauan pasar dengan strategi marketing yang lebih gencar," ujar Sismulyono, Bendahara Kugar Bajulmati. "Saat ini, kami sudah menerima permintaan dari berbagai desa."

Bagi para pecinta kuliner, garam Kugar Bajulmati bagaikan harta karun. Kualitasnya yang terjamin sebagai garam krosok premium K1 menjadikannya pilihan tepat untuk berbagai hidangan. Garam ini bebas yodium, sehingga aman untuk membersihkan dan mengawetkan makanan. Tak heran, garam Kugar Bajulmati banyak digemari untuk proses pembuatan ikan asin.

Harga garam Kugar Bajulmati pun terjangkau. Untuk pembelian grosir minimal 50 kilogram hingga 1 kuintal, garam dibanderol dengan harga Rp 2.500 per kilogram. Sedangkan untuk pembelian eceran, harga dipatok sedikit lebih tinggi. Dengan skema ini, Kugar Bajulmati memastikan para pedagang tetap mendapatkan keuntungan yang wajar.

Inovasi garam tunnel Kugar Bajulmati tak hanya menjadi berkah bagi para petani garam, tetapi juga memajukan ekonomi lokal. Kegigihan dan kegigihan Kugar Bajulmati patut diacungi jempol, menjadi bukti bahwa inovasi dan teknologi mampu mengubah tantangan menjadi peluang, menghasilkan panen garam berkualitas tinggi yang tahan cuaca di Malang Selatan.

Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.


Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network