GfC8TSAlTSGoTUAoTfz7GpA9TA==

King's College London Hadir di Malang, Membawa Harapan Baru Bagi Pendidikan Indonesia

Malang, malangterkini.id - Kabar gembira datang bagi dunia pendidikan Indonesia! Universitas ternama asal Inggris, King's College London, akan segera membuka cabangnya di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari, Malang, Jawa Timur. Hal ini menjadi sejarah baru bagi pendidikan di Indonesia, karena King's College London merupakan salah satu universitas terbaik di dunia, menduduki peringkat ke-40.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyerahkan izin operasional kampus King's College London di Indonesia pada Kamis (20/6/2024). Beliau mengungkapkan harapan besarnya dengan kehadiran kampus internasional ini.

"Ini menjadi sejarah baru bagi pendidikan di Indonesia," kata Airlangga dalam konferensi pers di kantornya. "Kehadiran King's College London diharapkan mampu meningkatkan daya saing pendidikan di Indonesia dan menyiapkan sumber daya manusia yang unggul untuk masa depan."

Pembangunan gedung perkuliahan King's College London di KEK Singhasari ditargetkan rampung pada Juli 2024. Kampus ini akan mulai beroperasi pada September 2024, dengan kursi awal untuk 150 mahasiswa. Airlangga berharap ke depannya, King's College London di Singhasari dapat menampung hingga 1.000 mahasiswa.

Pada tahap awal, King's College London di Indonesia akan membuka dua program pascasarjana, yaitu Master of Digital Economy dan Master of Digital Future. Pemilihan jurusan ini sejalan dengan fokus KEK Singhasari sebagai pusat pengembangan ekonomi digital di Indonesia.

"Diharapkan King's College London menjadi role model bagi universitas di sekitarnya, termasuk Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah Malang," ujar Airlangga.

Kehadiran King's College London di Indonesia juga diharapkan dapat mempermudah akses bagi mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi di King's College London Inggris.

Lokasi Strategis dan Konektivitas Mudah

KEK Singhasari dipilih sebagai lokasi kampus King's College London karena memiliki beberapa keunggulan. KEK ini terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur, dan memiliki akses mudah ke Bandara Internasional Juanda Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Perak. Selain itu, KEK Singhasari juga terkoneksi dengan ruas tol Pandaan-Malang.

Menuju Masa Depan Pendidikan yang Lebih Cerah

Kehadiran King's College London di Indonesia merupakan langkah positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Air. Diharapkan dengan kolaborasi antara King's College London dan universitas-universitas lokal, Indonesia dapat melahirkan generasi muda yang kompeten dan siap menghadapi tantangan global di era digital.

Informasi Tambahan:

  • King's College London adalah universitas riset yang didirikan pada tahun 1829 dan berlokasi di London, Inggris.
  • Universitas ini consistently masuk dalam jajaran 100 universitas terbaik dunia.
  • King's College London memiliki reputasi yang kuat di bidang ilmu-ilmu sosial, sains, dan humaniora.
  • KEK Singhasari adalah kawasan ekonomi khusus yang didedikasikan untuk pengembangan ekonomi digital di Indonesia.
  • KEK Singhasari diharapkan dapat menjadi hub bagi industri teknologi, startup, dan akademisi di Indonesia.
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.


Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network