GfC8TSAlTSGoTUAoTfz7GpA9TA==

Menjelajahi Jejak Sejarah di Kota Malang: 7 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi

Malang, malangterkini.id - Malang, kota di Jawa Timur ini, terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Namun, tahukah Anda bahwa Malang juga menyimpan kekayaan sejarah yang tak kalah menarik? Bagi para pecinta sejarah dan budaya, Malang menawarkan berbagai destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Berikut 7 rekomendasi tempat wisata sejarah di Malang yang wajib Anda kunjungi:

1. Candi Singosari: Menelusuri Jejak Kerajaan Singosari

Candi Singosari merupakan candi Hindu terbesar di Jawa Timur yang dibangun pada abad ke-13. Candi ini menjadi simbol kejayaan Kerajaan Singosari, salah satu kerajaan terbesar di Jawa. Di sini, Anda dapat melihat arsitektur candi yang megah, relief-relief yang menceritakan kisah Ramayana, dan patung-patung dewa-dewi Hindu yang indah.

2. Candi Jago: Mengagumi Keunikan Arsitektur dan Kisah Ken Arok

Candi Jago, yang terletak di Desa Tumpang, Malang, Jawa Timur, merupakan candi Hindu dengan arsitektur dan sejarah yang unik. Dibangun pada abad ke-13, candi ini diyakini sebagai tempat pemujaan Raja Wisnuwardhana dan para leluhurnya. Candi Jago terkenal dengan relief-reliefnya yang menceritakan kisah Ken Arok, pendiri Kerajaan Singosari.

3. Museum Brawijaya: Mengenang Perjuangan Kemerdekaan di Jawa Timur

Bagi para pecinta sejarah, Museum Brawijaya adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah terkait dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia di Jawa Timur. Koleksi museum ini mulai dari senjata, kendaraan tempur, foto-foto, hingga benda pribadi milik para pejuang kemerdekaan.

4. Graha Tumapel: Menjelajahi Kemegahan Bangunan Bersejarah

Graha Tumapel, dulunya merupakan hotel mewah bernama Hotel Splendid yang dibangun pada 1928. Kini, bangunan bersejarah ini menjadi salah satu cagar budaya penting di Kota Malang. Graha Tumapel menjadi saksi bisu sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia dan kini terbuka untuk umum sebagai tempat wisata, ruang pameran, dan ruang pertunjukan.

5. Monumen Juang 45: Merenungkan Pengorbanan Para Pahlawan

Monumen Juang 45 dibangun untuk memperingati perjuangan rakyat Malang dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Monumen ini menjadi simbol patriotisme dan pengorbanan para pahlawan yang gugur dalam pertempuran melawan penjajah.

6. Museum Sinema Kuno Indonesia: Menelusuri Jejak Perfilman Tanah Air

Bagi para pecinta film dan sejarah, Museum Sinema Indonesia di Kota Malang adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Museum ini menyimpan berbagai koleksi bersejarah yang berkaitan dengan perfilman Indonesia, mulai dari era film bisu hingga era modern. Pengunjung dapat melihat poster film, alat-alat film, memorabilia film, dan dokumen film.

7. Kampung Tridi: Menjelajahi Mural Bersejarah dan Budaya

Kampung Tridi adalah sebuah kampung di Kota Malang yang terkenal dengan mural-mural bertema sejarah dan budaya. Mural-mural ini dibuat oleh seniman-seniman lokal dan menceritakan kisah tentang sejarah Kota Malang, budaya Jawa Timur, dan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Menjelajahi tempat-tempat wisata sejarah di Malang tidak hanya memberikan wawasan sejarah yang menarik, tetapi juga pengalaman yang mendalam tentang budaya dan warisan lokal. Bagi Anda yang ingin belajar tentang sejarah Indonesia dan merasakan atmosfer budaya yang kental, Malang adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Tips:

  • Sebaiknya gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman saat mengunjungi tempat-tempat wisata sejarah ini.
  • Bawalah air minum yang cukup, terutama saat cuaca panas.
  • Patuhi peraturan dan tata tertib yang berlaku di setiap tempat wisata.
  • Jagalah kebersihan dan kelestarian tempat wisata.

Selamat berlibur!

Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.


Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network