GfC8TSAlTSGoTUAoTfz7GpA9TA==

Puskesmas di Kabupaten Malang Bakal Segera Mendapat Sentuhan Baru!

Malang, malangterkini.id - Kabupaten Malang terus berbenah diri untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakatnya. Seiring dengan pertumbuhan penduduk, fasilitas kesehatan primer, terutama puskesmas, di beberapa wilayah perlu ditingkatkan. Hal ini disampaikan oleh Bupati Malang, H M. Sanusi, yang meninjau langsung beberapa puskesmas yang membutuhkan renovasi.

"Ada beberapa puskesmas yang memang perlu peningkatan fasilitas, terutama yang berada di kecamatan yang menjadi pusat kegiatan atau berbatasan dengan Kota Malang," ujar Sanusi. Beliau kemudian menyebutkan empat puskesmas yang menjadi fokus utama, yaitu Puskesmas Wajak, Bululawang, Tajinan, dan Kepanjen.

Menanggapi kebutuhan tersebut, Pemkab Malang telah menyiapkan langkah strategis. Lahan seluas 1 hektare di kawasan Jalan Lingkar Barat (Jalibar), tepatnya Desa Talangagung, telah dialokasikan untuk merelokasi Puskesmas Kepanjen. Sementara itu, untuk Puskesmas Bululawang, Pemkab Malang tengah menyiapkan lahan di dekat SMAN 1 Bululawang dengan mekanisme tukar guling tanah kas desa (TKD).

Sanusi memperkirakan pembangunan setiap puskesmas membutuhkan anggaran sekitar Rp 5 miliar dengan luas sekitar 5.000 meter persegi. Jika tidak ada hambatan, pembangunan ditargetkan dimulai tahun depan. Bangunan puskesmas lama nantinya akan dimanfaatkan untuk kegiatan lain.

Keputusan relokasi ini didasari oleh banyaknya keluhan dari masyarakat terkait dengan keterbatasan ruang yang menyebabkan layanan puskesmas tidak optimal. "Seperti yang terjadi di Puskesmas Pakisaji sebelum direlokasi. Karena sempitnya ruang, pelayanan di puskesmas itu dilaksanakan di lorong-lorong," jelas Sanusi.

Setelah direlokasi, Puskesmas Pakisaji kini mampu melayani lebih banyak pasien, dari 20 orang menjadi 200-300 orang per hari. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan fasilitas kesehatan memiliki dampak yang signifikan terhadap kualitas layanan dan kepuasan masyarakat.

Upaya Pemkab Malang dalam meningkatkan fasilitas puskesmas ini patut diapresiasi. Diharapkan dengan langkah ini, masyarakat di Kabupaten Malang dapat mengakses layanan kesehatan yang lebih berkualitas dan nyaman.

Pembangunan puskesmas baru ini merupakan wujud komitmen Pemkab Malang untuk terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Diharapkan dengan adanya fasilitas yang lebih memadai, puskesmas dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih optimal dan prima kepada masyarakat.

Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.


Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network