GfC8TSAlTSGoTUAoTfz7GpA9TA==

Masjid Tiban Malang: Menjelajahi Kemegahan Arsitektur dan Pesona Religi

Malang, malangterkini.id - Di tengah gempuran modernisasi, wisata religi menjadi pilihan menarik untuk mengisi momen Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024. Bagi umat Muslim, wisata religi tak hanya menenangkan jiwa, tetapi juga memperkaya pengetahuan dan memperkuat keimanan.

Salah satu destinasi wisata religi yang patut dikunjungi adalah Masjid Tiban di Malang, Jawa Timur. Masjid megah dengan arsitektur unik ini tak hanya memanjakan mata, tetapi juga menyimpan cerita menarik yang membangkitkan rasa takjub.

Sekilas Tentang Masjid Tiban

Masjid Tiban, yang dulunya dikenal sebagai Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah (berarti "lautan-lautan madunya"), memiliki cerita unik tentang pembangunannya. Konon, masjid ini didirikan dengan bantuan jin, karena proses pembangunannya yang begitu cepat dan tak kasat mata.

Namun, terlepas dari cerita mistis tersebut, Masjid Tiban telah berdiri kokoh sejak tahun 1987. Peletakan batu pertama masjid ini menjadi tonggak sejarah berdirinya sebuah bangunan megah yang tak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga ikon wisata religi di Malang.

Lokasi dan Akses Menuju Masjid Tiban

Masjid Tiban terletak di Jalan Wakhid Hasyim, Gang Anggur Nomor 10, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung, tak perlu khawatir dengan biaya tiket masuk, karena Masjid Tiban terbuka untuk umum secara gratis.

Akses menuju Masjid Tiban terbilang mudah. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti angkot atau ojek online. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, tersedia area parkir yang cukup luas di sekitar masjid.

Kemegahan Arsitektur Masjid Tiban

Masjid Tiban Malang menghadirkan perpaduan arsitektur yang luar biasa, memadukan gaya khas Turki, India, Rusia, hingga Mesir. Perpaduan budaya ini terlihat jelas pada ornamen-ornamen yang menghiasi bangunan masjid.

Meskipun terkesan campur aduk, setiap desainnya memiliki ciri khas dan keindahannya masing-masing. Masjid Tiban berdiri di atas tanah seluas 8 hektare, dengan bangunan utama seluas 1,5 hektare. Warna biru dan putih mendominasi bangunan masjid, memberikan kesan sejuk dan menenangkan.

Menara masjid yang tinggi menjulang menjadi landmark di tengah pemukiman warga. Interior masjid pun tak kalah memukau, dihiasi keramik berwarna-warni dan ukiran semen yang menyerupai gua. Kaligrafi indah menghiasi dinding masjid, menambah nuansa religius dan memperkaya nilai estetika.

Fasilitas Lengkap untuk Pengunjung

Sebagai masjid yang terletak di tengah pemukiman penduduk, Masjid Tiban memiliki 10 lantai dengan fungsi yang berbeda-beda. Berikut rinciannya:

  • Lantai 1: Tempat istirahat dan musala
  • Lantai 2: Loket, tempat istirahat, tempat makan, dan dapur
  • Lantai 3: Musala, akuarium berisi berbagai ikan (koi, arwana), dan kebun binatang mini
  • Lantai 4: Lantai khusus keluarga pengasuh pondok pesantren
  • Lantai 5: Musala
  • Lantai 6: Tempat istirahat para santri
  • Lantai 7 dan 8: Toko dan kios-kios milik pesantren yang dikelola oleh para santri
  • Lantai 9: Bangunan didesain sebagai lereng gunung
  • Lantai 10: Gua dan puncak gunung

Fasilitas yang lengkap ini membuat para pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama di Masjid Tiban. Pengunjung dapat beribadah dengan tenang, beristirahat, mengisi perut, dan bahkan berbelanja souvenir di lantai 7 dan 8.

Lebih dari Sekadar Masjid

Masjid Tiban tak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga pusat pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. Di sini, terdapat pondok pesantren yang menampung santri dari berbagai daerah.

Masjid Tiban juga menjadi sumber ekonomi bagi warga sekitar. Banyak pedagang kaki lima yang membuka lapak di sekitar masjid, menjajakan berbagai macam makanan, minuman, dan souvenir.

Tips Berkunjung ke Masjid Tiban

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Masjid Tiban, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan:

  • Gunakan pakaian yang sopan dan rapi saat memasuki area masjid.
  • Jaga ketenangan dan hormati para pengunjung yang sedang beribadah.
  • Bawalah uang tunai secukupnya untuk berbelanja souvenir atau beramal.
  • Patuhi peraturan yang berlaku di area masjid.
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.


Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network