GfC8TSAlTSGoTUAoTfz7GpA9TA==

Menjelajahi Keindahan Tersembunyi Candi Sumberawan: Peninggalan Majapahit di Lereng Gunung Arjuno

Malang, malangterkini.id - Terletak di lereng Gunung Arjuno yang menawan, Candi Sumberawan bagaikan permata tersembunyi yang menawarkan pesona sejarah dan alam yang memikat. Dibangun pada era kejayaan Kerajaan Majapahit di bawah kepemimpinan Raja Hayam Wuruk, candi ini menjadi saksi bisu kemegahan peradaban masa lampau.

Suasana sejuk dan damai menyambut para pengunjung setibanya di Candi Sumberawan. Ketinggiannya yang mencapai lebih dari 500 meter di atas permukaan laut menghadirkan udara segar yang menenangkan jiwa. Dihiasi dengan pepohonan rindang dan panorama alam yang asri, candi ini menjadi tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari hiruk pikuk kehidupan kota.

Menurut juru pelihara Candi Sumberawan, Dika Maulana, candi ini memiliki sejarah panjang yang terukir dalam Kakawin Negarakretagama, sebuah karya sastra peninggalan Majapahit. Konon, candi ini menjadi tempat persinggahan Raja Hayam Wuruk dalam perjalanannya pada tahun 1359.

Nama "Sumberawan" sendiri berasal dari dua kata, yaitu "sumber" dan "rewan". Pohon rewan, yang dulunya tumbuh di sekitar candi, diyakini sebagai pohon endemik langka yang hanya dapat ditemukan di daerah Sumberawan dan Pegunungan Alaska. Pohon ini, meskipun kini telah tiada, menjadi simbol keunikan dan kelestarian alam di kawasan candi.

Candi Sumberawan memiliki bentuk stupa yang menawan, dengan tiga bagian utama: batur, kaki, dan tubuh candi. Bagian puncak stupa sayangnya telah runtuh, namun sisa-sisa kemegahannya masih dapat dilihat dan dirasakan. Keindahan arsitektur candi ini mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi Majapahit yang masih lestari hingga saat ini.

Bagi para pecinta sejarah dan budaya, Candi Sumberawan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Di sini, pengunjung dapat mempelajari kisah-kisah menarik tentang Kerajaan Majapahit dan peninggalannya. Candi ini juga menjadi tempat yang ideal untuk melakukan meditasi dan refleksi diri, dikelilingi oleh ketenangan alam yang menyejukkan jiwa.

Bagi para pecinta alam, Candi Sumberawan menyediakan berbagai aktivitas menarik. Pengunjung dapat menjelajahi kawasan hutan di sekitar candi, mendaki Gunung Arjuno yang menantang, atau sekadar bersantai di taman yang rindang sambil menikmati pemandangan alam yang indah.

Candi Sumberawan adalah sebuah destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para pencari ketenangan, pecinta sejarah, dan pecinta alam. Keindahannya yang memukau dan kisahnya yang kaya akan sejarah menjadikan candi ini sebagai tempat yang istimewa untuk dikunjungi dan dikenang.

Tips Berkunjung ke Candi Sumberawan:

  • Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman karena medan di sekitar candi agak berbatu.
  • Bawalah air minum yang cukup karena tidak ada penjual di sekitar candi.
  • Jagalah kebersihan dan kelestarian candi dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Hormati budaya dan tradisi setempat.

Informasi Tambahan:

  • Lokasi: Dusun Sumberawan, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: 07:00 - 17:00 WIB
  • Tiket masuk: Rp 5.000,- per orang
  • Fasilitas: Tempat parkir, toilet, mushola.
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.


Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network