GfC8TSAlTSGoTUAoTfz7GpA9TA==

Song of India Kota Batu Mendunia! 3.500 Tanaman Hias Melayang ke China

Batu, malangterkini.id - Kabar gembira datang dari Kota Batu! Sebanyak 3.500 tanaman hias jenis Song of India asal Desa Sidomulyo, Batu, Jawa Timur, telah sukses diekspor ke China dengan nilai mencapai Rp 150 juta. Pelepasan ekspor ini dilakukan pada Senin (3/6/2024) di Rest Area Desa Sidomulyo, menandai momen membanggakan bagi Kota Batu dan para pelaku usaha kecil menengah (UMKM) di bidang tanaman hias.

Kebanggaan dan Semangat Baru

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, hadir dalam acara pelepasan ekspor dan menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian ini. "Ini merupakan bagian ikhtiar kita untuk terus mengajak agar produk unggulan Kota Batu diekspos dan dikembangkan agar memenuhi pasar internasional," ujar Aries.

Lebih lanjut, Aries menegaskan komitmen Pemerintah Kota Batu dan Bea Cukai Malang untuk terus mendukung dan mendorong ekspor potensi unggulan Kota Batu. "Pemerintah Kota Batu dan juga Bea Cukai dengan Klinik Ekspornya akan berupaya bersama-sama menyelesaikan permasalahan yang muncul, dan jika terdapat kendala yang dialami UMKM saat melaksanakan ekspor," tambahnya.

Potensi yang Tak Terbatas

Kesuksesan ekspor Song of India ini menjadi bukti nyata potensi luar biasa Kota Batu di bidang tanaman hias. Menurut Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Luar Negeri Disperindag Provinsi Jatim, Erifina Lucky Kristian, tanaman hias Jawa Timur telah berhasil menembus pasar internasional dengan nilai yang signifikan. "Nilai ekspor tanaman hias Jawa Timur mencapai USD 1,4 juta yang telah masuk ke pasar Singapura, Denmark dan Belanda," jelas Erifina.

Dukungan Penuh untuk UMKM

Pemerintah Provinsi Jawa Timur, melalui Disperindag, juga memberikan dukungan penuh terhadap UMKM yang melaksanakan ekspor. Hal ini didasari oleh peran penting ekspor dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. "Kinerja ekspor Jawa Timur di Triwulan I mensupport 10 persen atau USD 2,5 juta terhadap pertumbuhan ekonomi keseluruhan," ungkap Erifina.

Masa Depan Cerah

Ekspor Song of India ini bukan hanya menjadi angin segar bagi para pelaku usaha di Kota Batu, namun juga menjadi inspirasi bagi UMKM lain untuk terus mengembangkan produk unggulannya dan berani melangkah ke pasar internasional. Dengan dukungan dan kolaborasi yang kuat dari pemerintah, pelaku usaha, dan bea cukai, masa depan cerah menanti bagi ekspor tanaman hias dari Kota Batu dan Jawa Timur.

Pesan Moral:

Kisah sukses ekspor Song of India ini menunjukkan bahwa dengan kerja keras, dedikasi, dan dukungan yang tepat, UMKM di Indonesia mampu bersaing di pasar internasional dan membawa harum nama bangsa. Mari kita terus dorong dan dukung UMKM Indonesia untuk mencapai potensi penuh mereka!

Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.


Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network