GfC8TSAlTSGoTUAoTfz7GpA9TA==

Hutan Malabar Bakal Terang Benderang! Pemkot Malang Perbaiki Penerangan dan Jalur Pedestrian

Malang, malangterkini.id - Kabar gembira bagi para pecinta alam dan pengunjung Hutan Malabar! Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang akan segera memperbaiki penerangan dan jalur pedestrian di kawasan hutan kota tersebut.

Perbaikan ini dilakukan sebagai langkah awal dalam penataan Hutan Malabar yang direncanakan bulan ini. Laode KB Al Fitra, Kepala Bidang RTH DLH Kota Malang, menjelaskan bahwa fokus utama perbaikan adalah pada lampu di area pedestrian bagian dalam.

"Kondisi saat ini gelap sekali, sehingga perlu dilakukan perbaikan segera," ujar Laode.

Dana sebesar Rp 180 juta telah dianggarkan dari APBD 2024 untuk perbaikan jaringan listrik dan pengadaan lampu baru. Saat ini, DLH masih dalam tahap penyusunan perencanaan.

Selain perbaikan penerangan, DLH juga akan melakukan perawatan terhadap jalur pedestrian yang mengalami kerusakan.

"Ada beberapa bagian pedestrian yang pecah atau rusak, sehingga perlu diperbaiki untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung," jelas Laode.

Sementara itu, rencana revitalisasi besar-besaran Hutan Malabar yang digagas sebulan lalu masih menunggu pendanaan yang memadai.

DLH memperkirakan membutuhkan dana sekitar Rp 9 miliar untuk merealisasikan revitalisasi tersebut. Dana ini nantinya akan digunakan untuk membangun berbagai fasilitas baru, seperti wahana edukasi, taman ramah anak, dan jembatan kaca.

Pemantauan Diperketat

Pasca perbaikan, DLH akan meningkatkan patroli di Hutan Malabar dengan menerjunkan tiga tim, yaitu tim mobiling, pemeliharaan pedestrian, dan lampu dekorasi.

"Setiap tim terdiri dari dua hingga tiga personel," kata Laode.

Pemantauan intensif ini bertujuan untuk mencegah aksi vandalisme dan pencurian jaringan listrik, seperti yang marak terjadi di beberapa RTH di Kota Malang, termasuk Alun-Alun Tugu dan Jalan Kertanegara.

Langkah Nyata Menuju Hutan Malabar yang Nyaman dan Aman

Langkah-langkah perbaikan dan patroli yang dilakukan DLH menunjukkan komitmen mereka untuk menjadikan Hutan Malabar sebagai ruang terbuka hijau yang nyaman dan aman bagi masyarakat.

Diharapkan dengan adanya perbaikan ini, pengunjung Hutan Malabar dapat menikmati suasana hutan kota yang lebih asri dan menyenangkan.

Mari kita dukung upaya DLH dalam menjaga dan melestarikan Hutan Malabar!

Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.


Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network