GfC8TSAlTSGoTUAoTfz7GpA9TA==

Harumnya Kopi Arabica Bulukerto Mengubah Lereng Gunung Arjuno Menjadi Ladang Emas dan Destinasi Wisata Baru

Kota Batu, malangterkini.id - Desa Bulukerto, yang terletak di lereng Gunung Arjuno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, kini tengah menorehkan prestasi membanggakan. Berkat kegigihan warganya, desa ini menjelma menjadi "lahan emas" dengan kopi Arabica sebagai primadona barunya.

Bukan hanya meningkatkan produktivitas lahan, kopi Arabica Bulukerto ini pun diandalkan untuk mendongkrak ekonomi masyarakat. Semangat warga Bulukerto dalam menggarap lahan kopi mereka patut diacungi jempol.

Salah satu contohnya adalah Oktavian Dwi Suhermanto, yang mengelola lahan kopi Arabica seluas 2.500 meter persegi milik BUMDesma Desa Bulukerto. Lahan tersebut kini siap panen, menandakan hasil manis dari kerja keras mereka.

Kopi Khas dengan Cita Rasa Istimewa

Keunikan kopi Arabica Bulukerto tidak hanya terletak pada lokasinya yang strategis di lereng gunung. Sistem tumpang sari yang diterapkan dalam budidayanya menghasilkan kopi dengan rasa khas yang tak tertandingi. Berbeda dengan kopi daerah lain, kopi Bulukerto memiliki aroma dan rasa yang memikat, menjadikannya primadona baru di kalangan pecinta kopi.

Meningkatkan Ekonomi dan Daya Tarik Wisata

Selain kenikmatannya, kopi Arabica Bulukerto juga membuka peluang ekonomi yang menjanjikan. Harga jual kopi, baik dalam bentuk bubuk maupun biji-bijian (green bean), tergolong tinggi. Untuk kopi bubuk, 100 gram dibanderol Rp 20.000, sedangkan 200 gram seharga Rp 40.000. Sementara itu, green bean dihargai Rp 350.000 per 5 Kg.

Melihat potensi tersebut, Penjabat Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, optimis bahwa kopi akan menjadi produk unggulan Kota Batu. Tak hanya produk kopinya, hamparan kebun kopi yang indah pun diyakini mampu menjadi daya tarik wisata baru, mengundang lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Kota Batu.

"Ini sudah mulai dikembangkan di Desa Bulukerto, dan kita berharap akan menjadi destinasi wisata baru yang semakin meningkatkan jumlah wisatawan ke Kota Batu," tandasnya.

Masa Depan Cerah bagi Kopi Bulukerto

Kegigihan dan inovasi warga Desa Bulukerto dalam mengembangkan kopi Arabica patut diapresiasi. Tak hanya meningkatkan kesejahteraan ekonomi, kopi ini pun turut membawa harum nama Kota Batu di kancah pariwisata. Dengan strategi yang tepat dan pengelolaan yang berkelanjutan, masa depan kopi Bulukerto terlihat cerah, siap memanjakan lidah para pecinta kopi sekaligus menjadi ikon wisata baru di Kota Batu.

Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.


Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network