GfC8TSAlTSGoTUAoTfz7GpA9TA==

Jalan Desa Kranggan Rusak Parah: Warga Menghafal Lubang Demi Hindari Kecelakaan


Malang, malangterkini.id - Jalan di Dusun Sukorejo, Desa Kranggan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, kondisinya memprihatinkan. Ruas jalan selebar 4 meter itu rusak parah, dengan aspal mengelupas dan beberapa bagian sudah menyerupai makadam. Kerusakan ini sudah terjadi selama lima tahun terakhir, namun belum ada tanda-tanda perbaikan dari pemerintah.

"Jalan ini sudah rusak sejak lama, mungkin sekitar tahun 2019," ujar Indri, salah satu warga Desa Kranggan. Ia menambahkan bahwa selama lima tahun ini, belum ada tanda-tanda perbaikan meskipun kondisinya sudah cukup parah. Jalan tersebut merupakan penghubung antar dua desa, yaitu Desa Kranggan dan Desa Kesamben.

"Alhamdulillah, tidak ada yang kecelakaan. Masyarakat di sini sudah menghafal kondisi jalan dengan sangat baik," kata Indri.

Menurut Staf Pemerintah Desa (Pemdes) Kranggan, Sukadi, memang masih banyak jalan rusak di desanya. Ia tidak dapat mengingat detail panjang dan titik jalan rusak tersebut, namun selain Jalan Dusun Sukorejo, Jalan Dusun Kemuning juga perlu diperbaiki.

Pemdes Kranggan pun selalu mengusulkan perbaikan jalan ke Pemkab Malang melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). "Setiap musrenbang, kepala dusun (Kasun) selalu menyampaikan usulan perbaikan jalan di dusunnya dan kami sampaikan ke Pemkab Malang. Jadi, kami juga menunggu adanya rencana perbaikan itu," ucap Sukadi.

Berdasarkan data Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang, pada awal tahun 2024 lalu, dari 1.668,7 kilometer jalan milik Kabupaten Malang, hanya 73 persen atau 1.218 kilometer yang dalam kondisi bagus. Sedangkan sisanya, 27 persen atau 452 kilometer, dalam kondisi rusak. Dengan rincian, 325 kilometer rusak ringan dan 127 kilometer rusak berat.

Kondisi jalan rusak ini tentu saja berdampak pada aktivitas masyarakat. Selain membahayakan pengendara, jalan rusak juga menghambat kelancaran transportasi dan distribusi barang.

Warga Desa Kranggan berharap agar Pemkab Malang segera mengambil langkah untuk memperbaiki jalan-jalan yang rusak di desa mereka. Perbaikan jalan ini penting untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan masyarakat dalam beraktivitas.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda pernah mengalami situasi serupa di daerah Anda?

Mari kita bersama-sama kawal perbaikan infrastruktur di Indonesia agar kehidupan masyarakat menjadi lebih nyaman dan aman.

Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.


Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network