GfC8TSAlTSGoTUAoTfz7GpA9TA==

Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar, Hardiknas 2024 di Kota Batu

 


Batu, malangterkini.id – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset serta Teknologi  Republik Indonesia (Kemdikbudristek) menggelar upacara pengibaran bendera pada Kamis pagi (5 Februari 2024). Di  Batu, upacara peringatan diadakan di halaman Balai Kota Amon Thani.

Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi SP, bertindak sebagai pembina upacaran. Forkopimda Kota Batu, Sekda Kota Batu, Kepala OPD di lingkup Pemkot Batu, insan pendidikan turut hadir sebagai peserta upacara. Mendikbudristek RI, Nadiem Makarim, melalui sambutan yang dibacakan Ketua DPRD Batu mengatakan, gerakan Merdeka Belajar merupakan tantangan untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Adapun tema yang diambil pada 2024 kali ini adalah “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.

“Isu ini  merupakan kelanjutan dari gerakan kemerdekaan belajar yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI  empat tahun lalu,” jelasnya.

Selain Hari Pendidikan Nasional, Mei 2024 juga dicanangkan sebagai Bulan Merdeka Belajar. Merdeka Belajar sendiri merupakan gerakan yang dicanangkan  Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk merevolusi sistem pendidikan Tanah Air. MendikbudrĆ­stek Nadiem mengatakan, lima tahun terakhir berada di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan masa yang sangat mengesankan.

“Sebagai pemimpin Gerakan Merdeka Belajar, kami semakin menyadari tantangan serta peluang yang diperlukan untuk memajukan pendidikan di Indonesia,” kata Pak Nadiem.

Namun, menurut Nadiem, mengubah sistem yang sangat besar tidaklah mudah dan banyak tantangan yang harus dihadapi. Di tahun terakhirnya menjabat Mendikbudristek, Nadiem mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat yang mendukung gerakan Merdeka Belajar.

“Kami  berharap  Merdeka Belajar bisa terus menjalankan perannya,” harapnya.

Di penghujung upacara, proklamasi Walikota Batu tentang pengangkatan guru sebagai kepala sekolah kedua diserahkan kepada lima orang tersebut. Ada pula penampilan menarik, diantaranya penampilan menawan dari paduan suara SMA Negeri 1 Batu serta  anak-anak  Polisi Kecil.

Informasi Tambahan Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas merupakan hari nasional yang memperingati hari lahir Ki Hajar Dewantara, pahlawan nasional dan bapak pendidikan nasional. Pelopor dunia pendidikan Indonesia serta pendiri Lembaga Pendidikan Taman Siswa. Berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 316 Tahun 1959, Hari Pendidikan Nasional diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya, bertepatan dengan hari lahirnya tanggal 2 Mei 1889.

Rencananya akan diterapkan di lembaga pendidikan pusat, daerah, dan negara pada tahun 2024. Hal serupa juga berlaku pada kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri. (dik/mzm)



Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.


Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network