GfC8TSAlTSGoTUAoTfz7GpA9TA==

KPK Gelar Roadshow Movie Day ACFFEST 2024 di Malang, Bumikan Nilai Antikorupsi Lewat Film!

Malang, malangterkini.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menggemakan semangat antikorupsi di Kota Malang, Jawa Timur, melalui gelaran Roadshow Movie Day Anti-Corruption Film Festival (ACFFEST) 2024. Acara yang dihelat pada Jumat (21/6) ini tak hanya menghadirkan film-film inspiratif, tetapi juga menjadi wadah bagi para sineas lokal untuk menunjukkan kreasi mereka dalam memerangi korupsi.

"Pada dasarnya kita semua ini memiliki nilai antikorupsi dalam diri sendiri. KPK mencoba untuk membumikan lagi nilai-nilai tersebut, yang dikenal dengan Jumat Bersepeda KK (Jujur, Mandiri, Tanggung Jawab, Berani, Sederhana, Peduli, Adil, Disiplin dan Kerja Keras)," ujar Kepala Sekretariat Kedeputian Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, Guntur Kusmeiyano.

Guntur menerangkan bahwa Roadshow Movie Day ACFFEST 2024 merupakan salah satu program KPK untuk menanamkan nilai-nilai antikorupsi melalui media film. ACFFEST, lanjut Guntur, juga menjadi ajang bagi para sineas di seluruh Indonesia untuk menunjukkan aksi kreasi mereka dalam pemberantasan korupsi melalui film.

"Di Malang sebagai kota pendidikan, potensi sineas atau pegiat film sangat besar, karenanya KPK ingin mengangkat itu, dengan harapan aksi pemberantasan korupsi dari masyarakat akan semakin besar," imbuhnya.

Salah satu sineas yang turut memeriahkan festival film ini adalah Muhammad Alfian Alfarisi, sutradara dan penulis film "Lansia Lan Sopo". Alfarisi, finalis ide cerita ACFFEST 2022 asal Sidoarjo, Jawa Timur, menuangkan keresahannya terhadap serangan fajar ke dalam filmnya.

"Sangat merasa beruntung mendapat apresiasi dari KPK. Proses kami untuk menjadi finalis ACFFEST pun tidak singkat, bahkan saya 3 kali submit ide cerita baru sampai akhirnya berhasil diterima. Harapannya akan muncul sineas-sineas lokal dan dapat menjadikan ACFFEST sebagai ajang mengembangkan diri," tutur Alfarisi.

Sementara itu, Sammaria Simanjuntak, sutradara film "Guru-Guru Gokil", mengungkapkan bahwa film merupakan salah satu sarana penyampai pesan yang mudah dinikmati oleh semua kalangan. Sammaria pun membagikan tipsnya dalam mendapatkan ide cerita.

"Film menjadi medium menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat tanpa memandang status. Untuk itu, mulai dari menjadikan hati kita sebagai kompas sehingga membuat kita emosional, itulah yang kita eksplorasi untuk mendapat ide cerita," kata Sammaria.

Lebih lanjut, Roadshow Movie Day ACFFEST 2024 juga menggelar community gathering bersama komunitas film di Kota Malang. Kegiatan ini menjadi wadah bagi para pegiat seni di Malang untuk aktif membuat film dengan menyisipkan nilai antikorupsi, sekaligus menumbuhkan minat pemuda dalam upaya pencegahan korupsi dan edukasi antikorupsi melalui film.

Penyelenggaraan ACFFEST 2024 resmi dimulai sejak 30 April dan akan berlangsung hingga November 2024. Roadshow Movie Day ACFFEST 2024 telah digelar di Medan, Aceh, Makassar, Semarang, dan Malang, dan akan berlanjut ke Kota Kupang, Kabupaten Sumbawa, Kota Palu, Singkawang, dan Balikpapan.

Tahun ini, KPK menghadirkan berbagai kategori kompetisi dengan batas waktu yang telah ditentukan, seperti Kompetisi Ide Cerita Film Antikorupsi, Vertical Movie, dan Screening Event Sinemaksi, yang akan ditutup pada 30 Juni 2024. Kemudian, ada pula Kompetisi Film Pendek Fiksi dan Animasi, serta Kompetisi ACFFEST Regional untuk Indonesia Wilayah Timur.

Sebagai bentuk apresiasi, KPK akan memberikan penghargaan kepada para peserta ACFFEST dan menjalin kerjasama dengan para mitra. KPK sendiri akan memberikan biaya produksi kepada 12 finalis terpilih pada kategori Ide Cerita untuk dapat memproduksinya menjadi film. Tak hanya itu, finalis ACFFEST 2024 juga akan mendapat pembekalan dan mentoring dari sineas ternama nasional.

Informasi terkini seputar ACFFEST 2024 dapat diakses melalui media sosial Instagram: @acffest.kpk, Twitter: @acffest, dan website: https://acffest.com.

Mari dukung sineas-sineas muda Indonesia dalam berkarya dan sebarkan semangat antikorupsi melalui film! Bersama, kita wujudkan Indonesia yang bebas dari korupsi!

Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.


Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network