GfC8TSAlTSGoTUAoTfz7GpA9TA==

Mencuci Daging Sapi: Hati-hati, Bisa Bahaya!

Malang, malangterkini.id - Pernahkah Anda terbiasa mencuci daging sapi dengan air mengalir sebelum dimasak? Ternyata, kebiasaan ini justru bisa meningkatkan risiko kontaminasi bakteri dan virus berbahaya, lho!

Menurut penelitian, mencuci daging sapi dengan air mengalir tidak efektif dalam menghilangkan patogen seperti Salmonella, E. coli, dan Campylobacter. Alih-alih membersihkan, air justru dapat menyebarkan bakteri ke seluruh permukaan dapur, peralatan masak, dan bahkan tangan Anda.

Bahaya Mencuci Daging Sapi dengan Air Mengalir

Para ahli kesehatan dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat (AS) pun telah memperingatkan bahaya mencuci daging sapi.

Alissa Palladino, ahli nutrisi dari Healthline, menjelaskan bahwa mencuci daging dengan air tidak cukup untuk mengangkat bakteri dan virus yang menempel.

Lebih lanjut, dia merekomendasikan metode yang lebih aman, yaitu dengan merendam daging dalam larutan air dan asam seperti cuka putih atau jus lemon sebelum dimasak. Asam dalam larutan ini membantu mengurangi jumlah bakteri pada permukaan daging.

Tips Aman Menyiapkan Daging Sapi

Berikut langkah-langkah aman untuk menyiapkan daging sapi:

  1. Rendam dengan Larutan Asam: Gunakan larutan cuka putih atau jus lemon untuk merendam daging selama 15-30 menit sebelum dimasak.
  2. Bilas dengan Air Bersih: Bilas daging dengan air bersih untuk menghilangkan sisa larutan asam.
  3. Masak pada Suhu yang Tepat: Pastikan daging dimasak pada suhu internal minimal 71°C (160°F) untuk daging sapi giling dan 63°C (145°F) untuk steak, daging sapi utuh, dan daging panggang.
  4. Bekukan Jika Tidak Segera Dimasak: Jika daging tidak akan dimasak segera, simpan dalam wadah kedap udara dan bekukan di dalam freezer.

Memasak Daging dengan Tepat: Kunci Keamanan Pangan

Mencuci daging sapi memang tidak dianjurkan, namun bukan berarti daging tidak perlu dibersihkan. Anda dapat membersihkannya dengan handuk kertas basah untuk menghilangkan kotoran dan sisa darah.

Memasak daging pada suhu yang tepat merupakan kunci utama untuk memastikan keamanan pangan. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menikmati hidangan daging sapi yang lezat dan aman bagi kesehatan.

Ingat: Mencuci daging sapi dengan air mengalir hanya akan menyebarkan bakteri dan virus ke seluruh dapur. Sebaliknya, rendam daging dengan larutan asam dan masak pada suhu yang tepat untuk memastikan keamanan dan kelezatan daging sapi Anda.

Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.


Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network