GfC8TSAlTSGoTUAoTfz7GpA9TA==

Pabrik Kerupuk di Pakis Malang Ludes Terbakar, Kerugian Capai Rp720 Juta

Malang, malangterkini.id - Sebuah pabrik kerupuk di Desa Asrikaton, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, ludes dilalap si jago merah pada Rabu (12/6/2024) dini hari. Kebakaran yang berlangsung selama 8 jam ini mengakibatkan kerugian material mencapai Rp720 juta.

Menurut Kapolsek Pakis, AKP Sunarko Rusbiyanto, api pertama kali terlihat oleh warga sekitar pukul 00.20 WIB di area penggorengan. Warga kemudian membangunkan para karyawan yang sedang tertidur di gudang sebelah.

"Salah satu karyawan kemudian menghubungi anak pemilik gudang dan selanjutnya melaporkan kejadian ini ke pemadam kebakaran," jelas Sunarko saat dikonfirmasi.

Petugas pemadam kebakaran dari Kabupaten Malang tiba di lokasi sekitar pukul 00.50 WIB. Namun, karena banyak bahan mudah terbakar di dalam pabrik, api terus membesar dan sulit dipadamkan.

"Petugas Damkar Kabupaten Malang memadamkan di bagian belakang yang menjadi lokasi bahan mentah. Dua unit damkar tambahan tiba sekitar pukul 05.05 WIB untuk membantu pemadaman," kata Sunarko.

Setelah berjibaku selama 8 jam, petugas pemadam kebakaran akhirnya berhasil memadamkan api sekitar pukul 08.15 WIB. Petugas kemudian melakukan penyisiran lokasi untuk memastikan tidak ada lagi titik api yang tersisa dan melakukan proses pendinginan.

Kebakaran ini mengakibatkan kerugian material yang cukup besar, ditaksir mencapai Rp720 juta. Kerugian tersebut meliputi minyak goreng yang terbakar, bahan mentah, tempat penggorengan, dan sebagian atap bangunan.

"Dugaan penyebab kebakaran ini adalah kelalaian karyawan yang tidak mengecek tempat penggorengan kerupuk setelah selesai bekerja," ujar Sunarko.

Peristiwa kebakaran ini menjadi pengingat bagi para pemilik usaha dan karyawan untuk selalu waspada terhadap bahaya kebakaran. Pastikan untuk selalu melakukan pengecekan secara berkala terhadap instalasi listrik dan peralatan yang digunakan, serta sediakan alat pemadam kebakaran yang memadai di lokasi usaha.

Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.


Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network